Menu Makan Diet Pengganti Nasi

Menu Makan Diet Pengganti Nasi

Nasi putih merupakan makanan pokok orang Indonesia yang selalu dijadikan santapan ketika sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Tanpa nasi putih, rasanya tidak seperti makan. Apalagi ketika sarapan seharusnya tidak perlu memakan nasi putih, namun di Indonesia sudah menjadi kebiasaan memakan nasi putih.

Memakan nasi putih tidak baik untuk berat badan karena bisa menyebabkan berat badan naik. Hal ini berlaku bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Selain itu, beberapa penyakit tertentu seperti diabetes juga tidak menyarankan konsumsi nasi putih karena kandungan karbohidrat yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan bagi tubuh.

Baca juga >> stimuno untuk balita

Bagi anda yang memiliki kondisi tubuh tertentu yang mengharuskan untuk tidak makan nasi, anda tidak perlu khawatir. Karena anda tetap bisa memakan bahan makanan lain untuk mengenyangkan perut anda. Anda tidak perlu khawatir karena menu makan diet pengganti nasi ini memiliki nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh anda.

Berikut ini adalah menu makan diet pengganti nasi yang bisa anda konsumsi  untuk sarapan pagi anda :

  1. Oatmeal pisang. Oatmeal merupakan jenis gandum yang bisa dijadikan sebagai sarapan pengganti nasi. Mengonsumsi oatmeal dengan dicampur buah pisang dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Apalagi jika ditambah dengan buah-buahan lainnya maka akan lebih menyehatkan lagi. Anda bisa memasak resep smoothie bowl berbahan dasar oatmeal dan juga tambahan buah-buahan segar lainnya. Tambahkan juga sirup coklat atau coklat batangan untuk menambah rasa pemanis. Hal ini juga bisa membuat anda mengurangi ngemil pada siang hari nanti.
  2. Jagung susu keju. Makanan jagung yang direbus lalu diberi parutan keju dan juga larutan susu kental manis ini memang menjadi makanan yang paling populer sejak dulu. Menu ini cocok disantap saat pagi hari, karena pada pagi hari seseorang membutuhkan energi untuk beraktivitas. Selain itu, memakan menu jagung ini pada pagi hari dapat mengurangi rasa keinginan untuk ngemil pada isang hari karena pada pagi harinya sudah makan yang manis-manis.
  3. Ubi cilembu dan Kentang rebus atau mashed potato. Biasanya, kentang dan ubi disajikan dengan cara digoreng lalu diberi bumbu agar nikmat. Namun, untuk diet, akan lebih baik jika kentang direbus saja atau dikukus. Setelah itu kentang bisa dihancurkan menjadi mashed potato dan ditambah bumbu-bumbu lain yang memberikan rasa gurih. Serta dapat dipadukan dengan steak ayam atau steak daging. Kentang dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama daripada nasi sehingga cocok sekali digunakan untuk diet.
  4. Bubur kacang hijau. Menu ini pasti biasanya sering anda temui pada pagi hari karena banyak yang menjualnya. Bubur kacang hijau memiliki kandungan vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi bubur kacang hijau pada pagi hari bisa menambah energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Setelah mengonsumsi bubur kacang hijau, anda tidak perlu lagi mengonsumsi nasi di pagi hari, karena sudah cukup.

Nah, itulah beberapa menu makan diet pengganti nasi yang bisa anda konsumsi pada pagi hari. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak begitu sulit bahan-bahannya karena mudah untuk didapatkan. Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda bisa menyediakan menu sarapan tersebut untuk anda dan keluarga anda di rumah yang sedang menjalani program diet nasi putih. Setelah itu, jangan lupa untuk selalu meminum air putih yang banyak agar terhindar dari dehidrasi.

Baca juga >> diet ubi cilembu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *