Makanan Pokok Pengganti Nasi untuk Diet

Makanan Pokok Pengganti Nasi untuk Diet

Makanan pokok orang Indonesia selalu dikaitkan dengan nasi putih. Sehingga tiada hari tanpa nasi. Orang Indonesia telah ditanamkan pemikiran bahwa tanpa nasi tidak bisa dikatakan makan. Padahal, Indonesia kaya akan bahan-bahan makanan pokok selain nasi. Yang dimana semua itu bisa kita konsumsi. Kadar kalorinya pun lebih rendah dibandingkan nasi, sehingga bagus juga untuk program diet.

Ada banyak macam makanan pokok pengganti nasi untuk diet yang bisa anda konsumsi dan anda dapatkan dengan mudah. Hanya saja harganya memang tidak semurah membeli beras, apalagi terkadang masaknya kurang praktis. Sebenarnya, jika sudah terbiasa, semua itu bisa dikonsumsi dengan mudah.

Baca juga >> Stimuno Untuk balita

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pokok pengganti nasi untuk diet :

  1. Tidak banyak orang menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Bagi sebagian orang, jagung dijadikan sebagai snack atau makanan ringan saja. Jagung banyak diolah menjadi jagung susu keju, jagung rebus mentega, jagung bakar, dan lain-lain. Di daerah Indonesia seperti Sulawesi tengah, dan daerah sekitarnya, jagung dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Tidak sulit mendapatkan jagung yang sudah diiris butirannya di sana, sehingga masyarakat hanya tinggal membelinya dan memakannya seperti memakan nasi.
  2. Salah satu makanan yang sering dijadikan jajanan ini ternyata memiliki potensi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Jika biasanya singkong sering digoreng dan diberi taburan keju susu atau coklat sebagai jajanan, maka cara mengonsumsinya sebagai makanan pokok adalah dengan cara direbus saja. Kemudian singkong rebus dimakan bersama lauk pauk lainnya. Sungguh rasanya begitu nikmat.
  3. Ya, makanan yang satu ini memang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Jadi, sebetulnya penggunaan kentang sebagai lauk pauk lalu dimakan bersama nasi itu kurang tepat. Karena akan menambah jumlah karbohidrat yang masuk. Kentang sebaiknya direbus saja, lalu dimakan bersama daging steak, atau ayam bakar, atau lauk lainnya. Maka akan terasa begitu nikmat disantap.
  4. Tidak banyak orang yang tahu mengenasi jenis makanan pokok yang satu ini. Biasanya, talas sering dijadikan sebagai kolak, gorengan, dan jajanan kue-kue lainnya. Sebenarnya, konsumsi talas ini tidak jauh berbeda dengan makanan pokok lainnya. Cukup direbus hingga matang dan dinikmati bersama lauk dan lainnya.
  5. Buah sukun. Buah sukun banyak tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Sukun sering dijadikan sebagai keripik manis atau asin, atau dijadikan sebagai gorengan. Buah sukun sebenarnya memiliki potensi sebagai makanan pokok pengganti nasi untuk diet. Cara mengonsumsinya pun tidak jauh berbeda dengan makanan pokok lainnya.
  6. Ubi jalar. Makanan yang tinggi karbohidrat dan kalori yang rendah ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet. Selain itu, rasanya juga sangat nikmat. Konsumsi ubi jalar dengan cara direbus atau dibakar, lalu dinikmati selagi hangat. Akan sangat menggugah selera sekali.

Itulah beberapa jenis makanan pokok pengganti nasi untuk diet yang bisa anda konsumsi. Mungkin selama ini anda tidak tahu karena mengonsumsinya dengan cara yang berbeda. Bagi anda yang menjalani program diet untuk emnurunkan berat badan maupun untuk mengatasi berbagai penyakit, konsumsi makanan pokok tersebut sangat disarankan.

Jangan lupa untuk mengonsumsinya dengan cara direbus. Jangan digoreng karena akan menyerap minyak jahat yang justru akan menggagalkan program diet anda. Selalu minum air putih yang banyak, dan juga konsumsi makanan sayuran dan buah-buahan yang tinggi serat untuk menjaga kesehatan anda.

Baca juga >> Makanan diet pengganti nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *