Makanan Pengganti Nasi yang Baik Untuk Diet

Makanan Pengganti Nasi yang Baik Untuk Diet

Diet merupakan hal yang slalu dilakukan oleh semua orang demi mendapatkan hasil tubuh yang bagus. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, diet dilakukan untuk menjaga berat badan tetap stabil, selain itu, diet juga dilakukan untuk menjaga kesehatan seseorang. Terutama untuk penyakit tertentu yang menganjurkan untuk tidak mengonsumsi nasi selama diet.

Ada banyak jenis makanan pengganti nasi yang baik untuk diet yang bisa dikonsumsi. Jenis makanan tersebut juga mengandung karbohodrat yang diperlukan oleh tubuh. Hanya saja berbeda dengan nasi putih, makanan ini jauh lebih aman untuk dikonsumsi karena tidak menyebabkan gula darah naik dan juga menjaga berat badan dari kegemukan.

Baca juga >> Stimuno Untuk balita

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pengganti nasi yang baik untuk diet :

  1. Tidak banyak orang menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Bagi sebagian orang, jagung dijadikan sebagai jajanan atau makanan ringan saja. Jagung banyak diolah menjadi jagung susu keju, jagung rebus mentega, jagung bakar, dan lain-lain. Di daerah Indonesia seperti Sulawesi tengah, dan daerah sekitarnya, ternyata jagung sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Tidak sulit mendapatkan jagung yang sudah diiris butirannya di sana, sehingga masyarakat hanya tinggal membelinya dan memakannya seperti memakan nasi. Anda bisa mengonsumsi jagung dengan cara memasak menjadi nasi jagung, atau sekedar merebusnya. Lalu makanlah seperti makan nasi pada umumnya.
  2. Salah satu makanan yang sering dijadikan jajanan ini ternyata memiliki potensi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Jika biasanya singkong sering digoreng dan diberi taburan keju susu atau coklat sebagai jajanan, maka cara mengonsumsinya sebagai makanan pokok adalah dengan cara direbus saja. Kemudian singkong rebus dimakan bersama lauk pauk lainnya. Sama seperti memakan nasi
  3. Ya, makanan yang satu ini memang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Jadi, sebetulnya penggunaan kentang sebagai lauk pauk lalu dimakan bersama nasi itu kurang tepat. Karena akan menambah jumlah karbohidrat yang masuk. Kentang sebaiknya direbus saja, lalu dimakan bersama daging steak, atau ayam bakar, atau lauk lainnya. Maka akan terasa begitu nikmat disantap. Sudah banyak orang yang berhasil diet menggunakan kentang ini.
  4. Tidak banyak orang yang tahu mengenai jenis makanan pokok yang satu ini yang tergolong sebagai tanaman umbi. Biasanya, talas sering dijadikan sebagai kolak, gorengan, keripik, dan jajanan kue-kue lainnya. Sebenarnya, konsumsi talas ini tidak jauh berbeda dengan makanan pokok lainnya. Cukup direbus hingga matang dan dinikmati bersama lauk dan lainnya.
  5. Buah sukun. Buah sukun banyak tumbuh di seluruh wilayah Indonesia dan dapat dengan mudah anda temukan. Sukun sering dijadikan sebagai keripik manis atau asin, atau dijadikan sebagai gorengan. Buah sukun sebenarnya memiliki potensi sebagai makanan pengganti nasi yang baik untuk diet. Cara mengonsumsinya pun tidak jauh berbeda dengan makanan pokok lainnya.
  6. Ubi jalar. Makanan yang tinggi karbohidrat dan kalori yang rendah ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet. Selain itu, rasanya juga sangat nikmat. Konsumsi ubi jalar dengan cara direbus atau dibakar, lalu dinikmati selagi hangat. Tidak perlu memakannya bersama lauk karena ubi jalar sudah nikmat untuk disantap.

Itulah beberapa jenis makanan pengganti nasi yang baik untuk diet. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Mungkin selama ini anda tidak tahu bahwa makanan tersebut bisa dkonsumsi menggantikan nasi karena cara konsumsinya yang berbeda. Cara orang Indonesia mengonsumsi jenis karbohidrat memang berbeda dari Negara-negara lain.

Baca juga >> Makanan diet pengganti nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *