Makanan Pengganti Nasi Waktu Diet

Makanan Pengganti Nasi Waktu Diet

Diet merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh banyak orang dalam hal menurunkan berat badan. Sebenarnya, diet adalah mengatur pola makan agar tidak berlebihan dan menjaga berat badan agar tetap sehat. Diet tidak harus selalu dikaitkan dengan proses penurunan berat  badan, melainkan untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu yang mengharuskan tidak boleh memakan makanan tertentu terutama nasi putih.

Bagi sebagian orang yang sedang menjalani diet, memakan nasi putih dapat membahayakan karena kandungan karbohidratnya yang begitu tinggi dan dapat menyebabkan kegemukan. Apalagi jika dikonsumsi oleh orang dengan penyakit tertentu yang tidak diperbolehkan memakan nasi maka akan membahayakan kesehatan. Namun, mengonsumsi makanan tanpa nasi bisa jadi hal yang sangat sulit.

Baca juga >> Stimuno Untuk Balita

Karena nasi sudah menjadi makanan pokok masyarakat di Indonesia. Sebenarnya, banyak jenis makanan pengganti nasi waktu diet yang jauh lebih sehat dan mengenyangkan dalam waktu yang lama. Bagi anda yang bingung apa saja makanannya, Berikut ini adalah makanan pengganti nasi waktu diet yang baik untuk dikonsumsi :

  1. Siapa sangka ternyata makanan ini bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi waktu diet. Singkong sendiri sudah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu sebagai cemilan dan juga santapan pada siang dan sore hari. Namun, jika dikonsumsi dengan baik lagi, singkong bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Selain itu, singkong juga bisa menurunkan kadar kolestrol jahat. Mengonsumsi singkong sebaiknya direbus atau dikukus saja, dan tidak digoreng. Agar tidak terdapat kandungan minyak yang berlebih.
  2. Buah sukun. Buah sukun memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan bisa dijadikan sebagai bahan makanan pengganti nasi. Kandungan proteinnya juga bisa mengenyangkan perut dalam waktu yang lama.
  3. Ubi cilembu. Tanaman ubi cilembu juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Kandungan glikemiksnya sangat rendah sehingga baik untuk dikonsumsi. Apalagi kandungan vitamin A dan C nya yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mengonsumsi ubi cilembu dapat mengenyangkan perut lebih lama dibandingkan nasi. Selain itu, ubi cilembu juga bisa mencegah sembelit dan mudah dicerna oleh tubuh.
  4. Selain ubi cilembu, tanaman jenis umbi-umbian lainnya yang baik untuk dikonsumsi sebagai pengganti nasi adalah talas. Bagi anda yang sedang menjalani diet ketat tanpa nasi putih, talas ini sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisi yang terdapat pada talas juga seimbang. Maka dari itu, talas sangat disarankan untuk dikonsumsi. Mengonsumsi talas sebaiknya dengan cara direbus atau dikukus saja agar gizinya tidak hilang. Apabila mengonsumsi keripik talas, tidak akan ada ada perubahan besar yang berarti bagi diet anda, malah hanya akan menambah berat badan. Talas juga bisa menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.
  5. Kacang hijau. Inilah biji-bijian kaya serat yang baik untuk dikonsumsi menggantikan nasi putih. Mengonsumsi bubur kacang hijau pada pagi hari dapat memberikan energi yang baik untuk tubuh sebelum beraktivitas. Kandungan vitamin A, B1, C nya juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Kalori pada kacang hijau ini tergolong rendah sehingga bisa diadikan alternative penurunan berat badan.

Nah, itulah beberapa maknan pengganti nasi waktu diet yang bisa anda konsumsi. Sekarang, anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mengatasi rasa lapar tanpa harus makan nasi. Karena bahan maknan tersebut mudah sekali untuk didapatkan. Banyak dijual di pasaran. Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah dan dijadikan sebagai makanan utama yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Baca juga >> Diet Ubi Cilembu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *