Makanan Pengganti Nasi untuk Diet

Makanan Pengganti Nasi untuk Diet

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia yang memiliki kandungan karbohodrat yang tinggi. Hampir setiap hidangan makanan di Indonesia pasti memiliki bahan dasar nasi. Karena kandungan karbohidrat pada nasi yang begitu tinggi, sehingga apabila selalu dikonsumsi terus menerus, seseorang bisa mengalami kegemukan. Dan lagi, pada beberapa penyakit tertentu, mengonsumsi nasi dalam jumlah banyak bisa membahayakan tubuh sehingga tidak disarankan.

Karena itu, banyak orang kemudian mencari tahu tentang makanan diet pengganti nasi, agar bisa membuat perut kenyang dan menambah energi tanpa  harus mengonsumsi nasi. Tidak banyak orang yang tahu bahwa di sekitar kita, ada banyak sekali bahan makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa dikonsumsi. Dan makanan tersebut juga menyehatkan sekali untuk tubuh, memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan nasi pada umumnya.

Baca juga >> Stimuno untuk balita

Bagi anda yang sedang menjalani program diet nasi putih, berikut ini adalah beberapa jenis makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa anda konsumsi :

  1. Nasi merah. Nasi merah merupakan nasi yang terbuat dari beras merah. Nasi merah memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit dibandingkan nasi putih. Hanya saja rasa pada nasi merah tidak seenak nasi putih, dan sangat hambar. Apabila tidak terbiasa memakan nasi merah, pasti tidak akan sanggup mengonsumsinya. Padahal, nasi merah ini sangat baik untuk dikonsumsi, apalagi bagi penderita penyakit diabetes yang tidak diperbolehkan mengonsumsi nasi putih dalam jumlah banyak. Nasi merah memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan nasi putih.
  2. Papeda merupakan jenis bahan makanan berbahan dasar sagu yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Papeda sangat cocok untuk dikonsumsi menggantikan nasi yang selama ini anda makan. Sebenarnya, dalam mengonsumsi papeda, terdapat teknik khusus yang bisa dilakukan, namun semua itu tergantung bagaimana cara orang mengonsumsinya.
  3. Buah-buahan yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai alternative pengganti nasi. Saat ini, alpukat sudah banyak dikreasikan menjadi resep-resep tertentu yang bisa dikonsumsi. Anda bisa mencampur alpukat dengan pisang dan juga oatmeal sebagai sarapan pagi anda untuk memberikan energi yang dibutuhkan saat beraktivitas. Anda juga bisa mencampur alpukat dengan buah-buahan lainnya yang kaya serat dan bermanfaat bagi tubuh.
  4. Buah pisang. Pisang memiliki kalori rendah dan juga serat yang tinggi. Pisang sangat cocok digunakan untuk diet. Sudah banyak orang yang mengonsumsi pisang sebagai pengganti nasi pada pagi hari. Pisang memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Apalagi rasa manis pada pisang akan membuat anda tidak akan ngemil pada siang hari, jika pada pagi harinya anda sudah mengonsumsi pisang sebagai sarapan pagi anda. Pisang bisa dikombinasikan dengan Oatmeal, susu, dan juga buah-buahan lainnya.
  5. Yoghurt yang baik dikonsumsi adalah jenis greek yoghurt yang tidak mengandung pemanis buatan. Yoghurt dapat membantu memcah lemak dalam tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai bagian dari program penurunan berat badan anda. Yoghurt juga mengandung banyak kalsium dibandingkan susu. Anda bisa mengombinasikan yoghurt dengan buah-buahan lainnya seperti beri-berian, pisang, dan lain-lain.

Itulah beberaoa jenis makanan pengganti nasi untuk diet. Anda bisa mendapatkan semua bahan makanan tersebut dengan mudah. Tidak sulit untuk melakukan diet tanpa harus mengonsumsi nasi. Banyak orang yang telah berhasil melakukan diet sehat tanpa harus mengonsumsi nasi. Nutrisi dan karbohidrat yang dibutuhkan tetap terjaga dengan baik.

Baca juga >> Makanan diet pengganti nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *