Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet Ketat

Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet Ketat

Memiliki badan yang kurus dan langsing adalah impian banyak orang terutama kaum wanita. Tak heran jika berbagai macam diet dilakukan demi mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal. Termasuk melakukan diet ketat. Diet ketat tanpa nasi dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang bisa turun dengan mudah. Makanan pengganti nasi untuk diet ketat kebanyakan berupa sayur dan buah-buahan.

Dalam menjalani program diet ketat, memakan nasi putih adalah hal yang dilarang. Karena nasi putih dapat merusak program diet ketat yang anda lakukan. Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu, nasi tidak memberikan rasa kenyang yang lama, sehingga dalam beberapa jam kemudian, anda pasti akan merasakan lapar lagi.

Baca juga >> Stimuno Untuk balita

Ketika sedang masa diet ketat, agar dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat yang cukup, anda harus memakan jenis makanan umbi-umbian seperti singkong, dan ubi. Lalu makan kentang rebus sebagai pengganti nasi (jangan digoreng). Berikut ini adalah menu makanan pengganti nasi untuk diet ketat yang bisa anda konsumsi selama tujuh hari :

  1. Menu hari pertama, buah-buahan. Konsumsilah banyak jenis buah di hari pertama ini. Disarankan untuk anda jangan melakukan aktivitas berat selama menjalani diet. Saat sarapan, anda bisa memakan buah apel, strawberry, alpukat, yang dijadikan smoothie dengan campuran oatmeal. Lalu pada jam makan siang, makanlah lagi buah-buahan yang banyak, minum jus buah, dan jangan lupa minum air putih yang banyak. Pada malam hari juga sama, anda konsumsi buah-buahan, anda bisa membuatnya sebagai salad buah yang sehat tanpa mayonnaise.
  2. Menu hari kedua, sayuran. Di hari kedua ini, anda hanya boleh makan sayuran. Di pagi hari anda bisa membuat salad sayuran berisikan wortel, jagung, daun selada, mentimun, dan lain-lain. Anda bisa memakan kembang kol yang dimasak seperti nasi goreng dengan minyak yang sedikit untuk menggantikan nasi untuk menu siang hari. Lalu untuk malam anda bisa menikmati satu porsi gado-gado tanpa bumbu kacang yang berlebih dan nasi. Pilihan capcay juga bisa menjadi menu yang bagus.
  3. Menu hari ketiga, kombinasi buah dan sayuran. Di hari ketiga ini, anda kombinasikan makanan buah dan sayuran. Menunya sama seperti hari pertama dan kedua. Hanya saja anda boleh memakan kedua jenis makanan tersebut.
  4. Menu hari keempat, tambahan karbohidrat. Di hari ke empat anda sudah bisa memakan semua menu dari hari ke 1-3 namun dengan tambahan karbohidrat lain pengganti nasi seperti kentang rebus, singkong, ubi jalar, dan lain-lain.
  5. Menu hari kelima, tambahan protein. Konsumsi jenis makanan dari hari 1-4, lalu tambahkan menu protein nabati maupun hewani ke dalam menu diet anda. Anda bisa memakan telur rebus, ikan pepes, tahu, tempe, dan lain-lain.
  6. Menu hari ke enam, lebih banyak protein. Di hari ke enam ini, anda bisa menambahkan menu sup ayam atau sup ikan. Konsumsi kentang rebus atau perkedel kentang sebagai pengganti nasi. Agar anda tidak bosan juga memakan menu diet anda.
  7. Menu hari ke tujuh, tambahan susu. Di hari terakhir, anda bisa mengonsumsi jenis makanan dari hari 1-6 dengan tambahan minuman susu rendah lemak. Dan juga tambahan karbohidrat seperti singkong rebus, jagung, talas, dan lain-lain. Menu ikan bakar, ayam bakar, bisa anda santap di hari ke tujuh ini.

Itulah menu makanan pengganti nasi untuk diet ketat yang bisa anda konsumsi. Jangan lupa untuk selalu meminum air putih sebanyak mungkin agar kebutuhan cairan anda tidak hilang.

Baca juga >> Makanan diet pengganti nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *