Makanan Pengganti Nasi Bagi yang Diet

Makanan Pengganti Nasi Bagi yang Diet

Kentang rebus bisa menjadi salah satu pilihan makanan pengganti nasi bagi yang diet. Di daerah Amerika, kentang rebus sering dijadikan sebagai sumber makanan utama bagi yang sedang menjalani program diet. Apalagi kentang rebus juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan yang dapat melancarkan proses pencernaan dan juga detox bagi tubuh. Karbohodrat pada kentang memang tinggi, tapi tidak akan sampai menggemukkan badan seperti nasi putih.

Cara melakukan diet kentang rebus sebagai makanan pengganti nasi bagi yang diet adalah sebagai berikut :

  1. Cuci bersih kentang sebanyak 1,5 kilogram, setelah itu rebus secara utuh. Jangan dikupas terlebih dahulu.
  2. Untuk memastikan apakah kentang sudah matang atau belum, tusukkanlah garpu ke kentang yang sedang direbus. Apabila terasa lunak, berarti kentang tersebut sudah matang.
  3. Potong kentang menjadi 4 atau 6 bagian. Anda bisa membaginya ke dalam ukuran kecil maupun besar.
  4. Makanlah kentang tersebut bersama dengan lauk sehari-hari anda menggantikan nasi. Anda bisa menambahkan bumbu bawang putih dan juga bawang Bombay. Semuanya sesuai dengan selera anda.

Setelah itu, anda harus memakan kentang rebus selama 14 hari berturut-turut hingga diet anda berhasil. Akan lebih bagus lagi jika anda menerapkannya ke dalam kehidupan anda sehari-harinya dan menjadikannya sebagai pola hidup anda. Jika anda bosan memakan kentang rebus dengan menu yang itu-itu saja, anda bisa menambahkan variasi lainnya untuk menaikkan mood anda ketika sedang diet.

Baca juga >> Stimuno Untuk balita

Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk menjadikan kentang rebus anda sebagai makanan yang anda makan dengan nikmat :

  • Haluskan kentang yang sudah direbus. Kemudian tambahkan yoghurt rendah lemak tanpa rasa ke dalam menu kentang anda. Tambahkanlah irisan daun bawang, sedikit garam dan merica. Aduk semuanya secara perlahan. Kemudian santaplah selagi hangat.
  • Anda bisa menambahkan menu paprika merah yang diiris halus lalu tambahkan dengan saus barbeque. Makanlah bersama kentang rebus yang sudah dipotong-potong atau dihaluskan.
  • Tambahkan daun kemangi, peterseli, lada hitam, dan juga bubuk jinten agar rasanya lebih kuat. Tambahan rempah-rempah tersebut dapat membantu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak tubuh.
  • Tambahkan beberapa jenis sayuran seperti wortel, brokoli, kacang polong serta kacang buncis yang sudah dipotong dadu. Jangan lupa untuk memotong kentang rebus berbentuk dadu juga. Tambahkan campuran bumbu-bumbu seperti merica, bawang putih, dan juga garam.
  • Jadikan kentang rebus anda sebagai salad. Potong dadu kentang lalu tambahkan dengan irisan sayuran lainnya seperti wortel, daun selada, kacang polong, jagung, tomat, dan lain-lain. Tuangkan yoghurt rendah lemak tanpa rasa sebagai sausnya menggantikan mayonnaise. Anda juga bisa menambahan sedikit garam apabila dirasa ada yang kurang dalam menu anda.
  • Buatlah sup kentang dengan tambahan beberapa sayuran. Rebus kentang bersama sayuran lainnya seperti kol, kacang panjang, buncis, brokoli, dan lain-lain sesuai dengan selera anda. Tuangkan bumbu sayur sop yang bisa menggugah selera anda. Anda juga bisa mengkreasikannya dengan menambahkan irisan sosis atau ayam.

Nah, itulah beberapa alternative cara membuat kentang rebus yang aman dan nikmat untuk anda sebagai makanan pengganti nasi bagi yang diet. Akan lebih baik jika anda mengonsumsi kentang rebus ke dalam pola hidup anda agar terhindar dari resiko kegemukan dan kenaikan berat badan lagi. Rebuslah kentang dengan matang dan jangan sampai terasa masih mentah.

Baca juga >> Makanan diet pengganti nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *