Makanan Pengganti Nasi Bagi Orang Diet

Makanan Pengganti Nasi Bagi Orang Diet

Nasi putih merupakan makanan pokok orang Indonesia yang sering kita konsumsi sehari-hari. Sejak kecil, orang Indonesia selalu diajarkan bahwa konsumsi nasi merupakan sebuah keharusan. Tanpa nasi, tubuh tidak akan memiliki sumber energi yang penting. Padahal, masih banyak jenis karbohidrat lain yang bisa kita konsumsi. Apalagi, tidak semua orang bisa menyantap nasi putih. Beberapa orang berkebutuhan khusus tidak diperbolehkan mengonsumsi nasi.

Bagi orang diet, mereka membutuhkan banyak asupan karbohidrat lain selain nasi. Makanan pengganti nasi bagi orang diet banyak kita jumpai, hanya saja kita tidak tahu bahwa makanan tersebut bisa dikonsumsi selayaknya nasi putih. Nasi putih memiliki indeks glikemiks yang sangat tinggi, dimana glikemiks tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit obesitas dan juga diabetes.

Baca juga >> Stimuno Untuk balita

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, berikut ini adalah mekanan pengganti nasi bagi orang diet yang bisa anda konsumsi :

  1. Salah satu makanan pokok ini bisa dikonsumsi sebagai karbohidrat. Di Indonesia, jagung sering diolah menjadi jajanan. Ada jagur bakar, jagung rebus, jagung susu, dan lain-lain. Jagung bisa dikonsumsi seperti nasi. Kini sudah banyak yang mengolahnya menjadi nasi jagung agar bisa dimakan seperti nasi.
  2. Anda bisa mengonsumsi kentang dengan cara direbus atau dikukus. Kemudian dihaluskan. Apabila tidak ingin dihaluskan tidak masalah. Kandungan glikemiks pada kentang memang tinggi, tapi kentang jauh lebih baik dari nasi karena tidak akan menyebabkan kegemukan apabila dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus. Jangan menggorengnya karena kandungan minyaknya tidak baik untuk tubuh.
  3. Tidak semua orang mengenal jenis pangan yang satu ini. Gembili termasuk ke dalam jenis umbi-umbian. Mengolah gembili agar bisa dikonsumsi membutuhkan keterampilan khusus. Karena, jika salah, bisa menyebabkan gatal-gatal ketika mengonsumsinya. Apabila bisa mengolah gembili dengan baik, gembili berfungsi meningkatkan kerja usus dan menjaga kesehatan tubuh sehingga terhindar dari penyakit.
  4. Gnayong termasuk ke dalam jenis umbi-umbian yang sulit untuk ditemukan. Konsumsi ganyong bisa dengan cara dikukus. Di zaman dahulu, ganyong menjadi makanan favorit orang-orang ketika bersantai. Ganyong memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh, bisa mengatasi demam, sebagai obat penenang, dan juga mengatasi kencing batu. Konsumsi ganyong ini sangat baik bagi orang yang menjalani program diet pada penyakit tertentu.
  5. Ubi jalar. Salah satu jenis tanaman umbi-ubian yang paling populer di Indonesia adalah ubi jalar. Ubi jalar sering dikonsumsi menjadi kolak, ubi rebus, ubi goreng, ubi bakar, dan lain-lain. Mengonsumsi ubi jalar yang baik ketika diet adalah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Bukan dijadikan sebagai gorengan, karena kandungan minyaknya tidak baik. Ubi jalar bisa disantap ketika sedang bersantai. Sesudah makan ubi, tidak perlu lagi makan karbohidrat lain karena tubuh sudah memiliki asupan karbohidrat yang cukup.

Nah, itulah beberapa makanan pengganti nasi bagi orang diet yang sangat cocok untuk dikonsumsi. Terlebih lagi apabila diet yang dilakukan berkaitan dengan penyakit tertentu yang tidak memperbolehkan seseorang memakan nasi dalam jumlah banyak. Makanan pengganti karbohidrat ini bisa disantap tanpa harus merasa lapar terus menerus. Karena jenis makanan ini memberikan rasa kenyang yang lebih lama dari nasi.

Selain makanan tersebut, masih banyak jenis makanan pengganti karbohidrat lainnya yang bisa anda coba seperti kembang kol, kacang hijau, talas, sukun, bayam, dan lain-lain. Tentunya sesuaikan dulu dengan kebutuhan diet anda.

Baca juga >> Makanan diet pengganti nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *