Makanan Diet Pengganti Nasi

Makanan Diet Pengganti Nasi

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia yang memiliki kandungan karbohodrat yang tinggi. Rasanya belum bisa dikatakan makan apabila belum makan nasi. Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, sehingga apabila selalu dikonsumsi terus menerus, bisa menyebabkan kegemukan. Dan lagi, pada beberapa penyakit tertentu, mengonsumsi nasi dalam jumlah banyak sangat tidak disarankan.

Karena itu, banyak orang kemudian mencari tahu tentang makanan diet pengganti nasi, agar bisa kenyang dan menambah energi tanpa  harus mengonsumsi nasi. Tidak banyak orang yang tahu bahwa di sekitar kita, ada banyak sekali bahan makanan diet pengganti nasi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi menggantikan nasi dan juga sehat bagi tubuh :

  1. Oatmeal merupakan sumber makanan pokok bagi orang Eropa, dan kini sudah banyak ditemukan di Indonesia. Oatmeal merupakan bubur instan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Mengonsumsi oatmeal dapat memberikan rasa kenyang yang lama. Selain itu, oatmeal juga bisa dikreasikan menjadi makanan lain seperti smoothie, sereal, dan lain-lain. Sehingga menambah kenikmatan dalam menyantap makanan.
  2. Kembang kol. Jenis sayuran yang satu ini merupakan jenis sayuran yang bisa dikonsumsi menggantikan nasi. Kembang kol memiliki kandungan glukosinates yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Mengonsumsi kembang kol sebagai pengganti nasi juga bisa memberikan rasa kenyang yang cukup lama.
  3. Barley merupakan jenis biji-bijian yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Barley mengandung serat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh tubuh. Barley dapat membantu program diet penurunan berat badan anda dengan lancar. Serta menjaga kondisi tubuh tetap sehat dari kelebihan karbohidrat.
  4. Siapa yang tidak kenal makanan pokok yang satu ini? Jagung memang bisa disantap menggantikan nasi dan mengandung vitamin A, B, dan E yang sangat baik untuk tubuh. Mengonsumsi jagung seperti nasi tidak akan menyebabkan kegemukan karena kalorinya hanya sekitar 300 saja untuk ukuran 100 gram butir jagung.
  5. Bahan makanan yang satu ini memang masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia karena jarang sekali ada orang yang memakan bahan makanan ini. Quinoa merupakan tanaman biji-bijian yang bentuknya seperti sereal. Quinoa memiliki serat yang baik apabila dikonsumsi oleh tubuh. Serta kandungan protein, mineral, lemak, serta vitaminnya baik sekali dikonsumsi oleh tubuh.
  6. Kentang dan ubi-ubi an terutama ubi cilembu, merupakan makanan karbohidrat pengganti nasi yang paling banyak dikonsumsi oleh orang-orang. Mengonsumsi kentang sebaiknya direbus atau dipanggang saja. Karena jika digoreng, tidak baik untuk kandungan minyaknya yang malahan akan menambah berat badan dan juga kolestrol. Kentang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Vitamin C, B, zat besi, serta kandungan kaliumnya mampu menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa anda gunakan sebagai menu diet anda menggantikan nasi. Memakan nasi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kegemukan bagi tubuh karena kandungan karbohidrat pada nasi yang bisa menyebabkan berat badan berlebih. Selain itu, pada penyakit tertentu seperti diabetes juga memang tidak disarankan mengonsumsi nasi putih dalam jumlah berlebih.

baca juga >> stimuno untuk balita

Untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat tidaklah sulit. Karena semua makanan diet pengganti nasi ini dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Konsumsi makanan-makanan tersebut seperti mengonsumsi nasi, maka efek yang didapatkan akan jauh berbeda. Perut akan terasa lebih kenyang dan juga berat badan menjadi stabil.

Baca juga >> diet ubi cilembu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *