Makanan Diet Pengganti Nasi yang Enak

Makanan Diet Pengganti Nasi yang Enak

Nasi putih merupakan makanan pokok orang Indonesia yang memiliki kandungan karbohidrat dan indeks glikemiks yang tinggi. Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, sehingga apabila selalu dikonsumsi terus menerus, bisa menyebabkan kegemukan. Dan lagi, pada beberapa penyakit tertentu, mengonsumsi nasi dalam jumlah banyak sangat tidak disarankan. Orang Indonesia terbiasa memakan nasi sehingga rasanya belum dikatakan makan jika tidak makan nasi.

Baca juga >> Stimuno Untuk balita

Banyak orang mencari tahu tentang makanan diet pengganti nasi, karena mereka tidak ingin menambah kegemukan dengan mengonsumsi nasi terus menerus. Sebenarnya, ada banyak makanan diet pengganti nasi yang bisa kita dapatkan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi selain nasi :

  1. Di Eropa, oatmeal merupakan sumber makanan pokok bagi orang-orang sana, dan kini sudah banyak ditemukan di Indonesia. Oatmeal adalah bubur instan terbuat dari gandum yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Mengonsumsi oatmeal dapat memberikan rasa kenyang yang lama. Selain itu, oatmeal juga bisa diolah menjadi makanan lain seperti smoothie, sereal, dan lain-lain.
  2. Kembang kol. Jenis sayuran yang satu ini memang merupakan sayurang yang bisa dikonsumsi layaknya mengonsumsi nasi. Kembang kol memiliki kandungan glukosinates yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Kembang kol juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama dari nasi.
  3. Bagi anda yang belum tahu, barley merupakan jenis biji-bijian yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kandungan serat pada barley sangat tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi. Barley dapat membantu program diet penurunan berat badan anda dengan lancar karena bisa menjaga berat badan anda tetap stabil.
  4. Makanan pokok yang satu ini memang bisa disantap menggantikan nasi, dan mengandung vitamin A, B, dan E yang sangat baik untuk tubuh. Mengonsumsi jagung seperti nasi tidak akan menyebabkan kegemukan karena kalorinya hanya sekitar 300 saja untuk ukuran 100 gram butir jagung. Konsumsi dengan cara direbus atau dimasak seperti nasi.
  5. Nama quinoa mungkin memang masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia karena jarang sekali ada orang yang mengonsumsi bahan makanan ini. Quinoa merupakan tanaman biji-bijian yang bentuknya seperti sereal. Quinoa memiliki serat yang baik apabila dikonsumsi oleh tubuh. Serta kandungan protein, mineral, lemak, serta vitaminnya baik sekali dikonsumsi oleh tubuh.
  6. Kentang memang merupakan makanan karbohidrat pengganti nasi yang paling banyak dikonsumsi oleh orang-orang. Mengonsumsi kentang sebaiknya direbus, dikukus atau dipanggang saja. Karena jika digoreng, tidak baik untuk kandungan minyaknya yang malahan akan menambah berat badan dan meningkatkan resiko kolestrol.

Nah, Itulah beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi sebagai menu diet anda. Mengonsumsi nasi putih dalam jumlah banyak dapat menyebabkan obesitas bagi tubuh karena kandungan karbohidrat serta glikemik yang tinggi pada nasi yang bisa menyebabkan kelebihan pada berat badan. Selain itu, pada penyakit tertentu seperti diabetes, konsumsi nasi putih memang tidak disarankan karena bisa menambah jumlah gula darah

Mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat tidaklah sulit. Karena semua makanan diet pengganti nasi ini bisa menjaga kesehatan tubuh kita apabila mengonsumsinya dengan baik. Eek yang didapatkan jika mengonsumsi jenis makanan tersebut berbeda dengan nasi putih. Perut akan terasa lebih kenyang dan juga berat badan menjadi stabil.

Baca juga >> Makanan diet pengganti nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *