Makanan Diet Pengganti Nasi Putih

Makanan Diet Pengganti Nasi Putih

Diet merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh banyak orang dalam hal menurunkan berat badan. Tidak hanya menurunkan berat badan saja, diet juga ditujukan untuk orang dengan penyakit tertentu yang harus menghindari makanan yang dikonsumsi pada umumnya. Biasanya, nasi putih tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit tertentu.

Bagi sebagian orang yang sedang menjalani diet, nasi putih dapat membahayakan tubuh karena kandungan karbohidrat dan glikemiknya yang begitu tinggi dan dapat menyebabkan kegemukan. Tidak hanya itu, nasi putih juga bisa menyebabkan gula darah tinggi. Namun, sebagian orang merasa kesulitan apabila tidak mengonsumsi nasi dalam pola hidup mereka.

Baca juga >> Stimuno Untuk balita

Karena nasi sudah menjadi makanan pokok masyarakat di Indonesia dan tidak bisa dilepaskan. Sebenarnya, banyak jenis makanan diet pengganti nasi putih yang jauh lebih sehat dan mengenyangkan dalam waktu yang lama. Bagi anda yang bingung apa saja makanannya, Berikut ini adalah makanan diet pengganti nasi putih yang baik untuk dikonsumsi :

  1. Siapa sangka ternyata makanan ini bisa dijadikan sebagai makanan diet pengganti nasi putih. Singkong sendiri sudah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu sebagai cemilan dan juga santapan pada siang dan sore hari. Namun, jika dikonsumsi dengan baik lagi, singkong bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Selain itu, singkong juga bisa menurunkan kadar kolestrol jahat. Mengonsumsi singkong sebaiknya direbus atau dikukus saja, dan tidak digoreng. Agar tidak terdapat kandungan minyak yang berlebih.
  2. Buah sukun. Buah yang sering dijadikan cemilan ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi namun baik dikonsumsi dan bisa dijadikan sebagai bahan makanan pengganti nasi. Kandungan proteinnya juga bisa mengenyangkan perut dalam waktu yang lama.
  3. Ubi jalar. Ubi jalar juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Kandungan glikemiksnya yang sangat rendah baik untuk dikonsumsi. Apalagi ubi jalar memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mengonsumsi ubi jalar dapat mengenyangkan perut lebih lama dibandingkan nasi. Selain itu, ubi jalar juga bisa mencegah sembelit dan mudah dicerna oleh tubuh.
  4. Selain ubi jalar, tanaman jenis umbi-umbian lainnya yang baik untuk dikonsumsi sebagai pengganti nasi adalah talas. Bagi anda yang sedang menjalani diet ketat tanpa nasi putih, talas ini sangat baik untuk dikonsumsi. Talas memiliki kandungan nutrisi yang seimbang. Maka dari itu, talas sangat disarankan untuk dikonsumsi. Mengonsumsi talas sebaiknya dengan cara direbus atau dikukus saja agar gizinya tidak hilang. Jangan mengonsumsi talas yang diolah menjadi kerupuk karena tidak akan ada bedanya. Talas juga bisa menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.
  5. Kacang hijau. Biji-bijian ini memiliki banyak serat yang baik untuk dikonsumsi menggantikan nasi putih. Mengonsumsi bubur kacang hijau pada pagi hari dapat memberikan energi yang baik untuk tubuh sebelum beraktivitas. Kandungan vitamin A, B1, C nya juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Kalori pada kacang hijau ini tergolong rendah sehingga bisa diadikan alternative penurunan berat badan.

Itulah beberapa maknan pengganti nasi waktu diet yang bisa anda konsumsi. Semua bahan makanan tersebut banyak terdapat di pasaran, jadi anda titidak perlu bingung dimana harus mencari bahan makanan tersebut. Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah dan dijadikan sebagai makanan utama yang bisa dikonsumsi setiap hari. Selain ke lima bahan tadi, masih banyak jenis makanan diet lain yang bisa anda konsumsi.

Baca juga >> Makanan diet pengganti nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *