Makanan Buat Diet Pengganti Nasi

Makanan Buat Diet Pengganti Nasi

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia yang sudah sangat umum dan tdak bisa dipisahkan. Hampir setiap hidangan makanan di Indonesia pasti menyuguhkan menu nasi. Nasi memiliki kandungan karbohidrat dan glikemiks yang tinggi, apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kegemukan. Dan lagi, pada beberapa penyakit tertentu, mengonsumsi nasi ke dalam pola makan setiap harinya sangat tidak disarankan.

Karena itu, banyak orang kemudian mencari-cari apa makanan diet pengganti nasi yang bisa dikonsumsi, agar bisa membuat perut kenyang dan menambah energi tanpa  harus mengkhawatirkan kelebihan berat. Sebnenarnya di sekitar kita, ada banyak sekali bahan makanan buat diet pengganti nasi yang bisa dikonsumsi. Dan makanan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh, makanan tersebut memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan nasi pada umumnya.

Baca juga >> Stimuno Untuk balita

Bagi anda yang sedang menjalani program diet nasi putih, berikut ini adalah beberapa jenis makanan buat diet pengganti nasi yang bisa anda konsumsi :

  1. Nasi merah. Nasi merah merupakan nasi yang terbuat dari beras merah. Kalori pada nasi merah lebih sedikit dari nasi putih sehingga aman dikonsumsi. Hanya saja nasi merah memiliki rasa yang hamber, tidak seperti nasi putih. Orang yang tidak terbiasa mengonsumsi nasi merah pasti akan kesulitan ketika mengonsumsinya karena tidak ada rasa yang nikmat. Padahal, nasi merah ini sangat baik untuk dikonsumsi, apalagi bagi penderita penyakit diabetes yang tidak diperbolehkan mengonsumsi nasi putih dalam jumlah banyak. Mengonsumsi nasi merah juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan nasi putih.
  2. Papeda merupakan jenis bahan makanan yangb berbahan dasar sagu. Papeda sangat baik untuk dikonsumsi tubuh. Papeda bisa dikonsumsi menggantikan nasi selama program diet anda berjalan. Mengonsumsi papeda membutuhkan teknik khusus yang harus dilakukan agar bisa mengonsumsinya dengan baik, namun semua itu tergantung bagaimana cara orang mengonsumsinya.
  3. Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat dan juga bisa dijadikan sebagai alternative pengganti nasi. Saat ini, alpukat sudah banyak diolah menjadi berbagai tertentu yang bisa dikonsumsi oleh tubuh. Anda bisa mencampur alpukat dengan pisang dan juga oatmeal sebagai sarapan pagi anda untuk memberikan energi yang dibutuhkan saat beraktivitas. Anda juga bisa mencampur alpukat dengan buah-buahan lainnya yang kaya serat dan bermanfaat bagi tubuh.
  4. Buah pisang. Pisang memiliki kalori rendah dan juga serat yang tinggi. Pisang sangat cocok digunakan untuk diet. Sudah banyak orang yang mengonsumsi pisang sebagai pengganti nasi pada pagi hari. Pisang memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Apalagi rasa manis pada pisang akan membuat anda tidak akan ngemil pada siang hari, jika pada pagi harinya anda sudah mengonsumsi pisang sebagai sarapan pagi anda. Pisang bisa dikombinasikan dengan Oatmeal, susu, dan juga buah-buahan lainnya.
  5. Yoghurt yang baik dikonsumsi adalah jenis greek yoghurt yang tidak mengandung pemanis buatan. Yoghurt dapat membantu memcah lemak dalam tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai bagian dari program penurunan berat badan anda. Yoghurt juga mengandung banyak kalsium dibandingkan susu. Anda bisa mengombinasikan yoghurt dengan buah-buahan lainnya seperti beri-berian, pisang, dan lain-lain.

Nah, itu dia beberapa macam makanan buat diet pengganti nasi. Semuanya bisa anda dapatkan dengan mudah. Tidak sulit untuk melakukan diet tanpa harus mengonsumsi nasi yang banyak. Buktinya, banyak orang yang telah berhasil melakukan diet sehat tanpa nasi. Nutrisi dan karbohidrat yang dibutuhkan tetap terjaga dengan sempurna.

Baca juga >> Makanan diet pengganti nasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *