Ini Dia Cara Merebus Ubi Cilembu Yang Bisa Kamu Ikuti

Ini Dia Cara Merebus Ubi Cilembu Yang Bisa Kamu Ikuti

Hallo sobat Hanbee! РNgomong-ngomong soal ubi yaa, pasti selama ini sebagian dari kita cuman tau ubu ya ubi jalar aja, contohnya ubi ungu, ubi kuning dan ubi putih. 

Pas kalo disebut nih nama ubi Cilembu, pasti ada aja yang masih belum familiar dan masih asing terdengar. Sebenernya sih ubi CIlembu ya sama aja kaya jenis ubi yang lainnya 

Ubi cilembu juga memiliki kandungan yang sangat sehat dan baik untuk tubuh kita. Banyak yang menggunakan ubi Cilembu sebagai makanan pokok pengganti selain nasi.

Ada banyak sekali cara mengolah ubi Cilembu, bisa dibakar, bisa dikukus, bisa direbus dan masih banyak lagi deh, nah kalo ini kita akan bahas gimana sih cara merebus ubi cilembu yang baik? Yuk langsung simak aja penjelasannya!

Langkah-langkah Merebus Ubi Jalar

Ubi Cilembu adalah salah satu jenis dari ubi jalar yang mentahnya saja sudah manis dan juga memiliki kalori yang rendah dan sehat untuk tubuh. Banyak juga yang menggunakan ubi Cilembu ini sebagai makanan pada saat sedang melakukan diet sehat. Nah kita akan bahas gimana cara merebus ubi Cilembu ini, berikut informasinya.

Kupas dan Bersihkan Ubi Cilembu (Cuci)

Pertama kamu harus pastikan ubi Cilembu yang kamu punya itu bersih dengan cara mencucinya. Kamu harus selalu mencuci hasil bumi sebelum memasaknya apapun itu jenisnya. Bersihkan sisa-sisa tanah atau kotoran dari ubi Cilembu. Pastikan kulit ubi benar-benar bersih sebelum kamu memasaknya.

Kupas Kulit Ubi Cilembu

Langkah kedua setelah ubi Cilembunya bersih kemudian kupaslah kulitnya. Kamu bisa menggunakan alat pengupas sayuran atau pisau buah kecil untuk mengupasnya, selain itu kamu juga harus memotong kedua ujung ubi dengan pisau.

Kalo kamu kesusahan buat ngupas ubi Cilembunya, ada trik sederhana nih, kamu bisa sikat ubi Cilembunya pake sikat sayuran terlebih dulu. Cara ini akan membuat kulit ubi lebih mudah mengelupas dan membuat proses pengupasan menjadi lebih mudah.

Rebus Ubi Cilembu Dalam Waktu Kurang Lebih 10 Menit

Setelah bersih dan sudah dikupas, lalu masukkan ubi Cilembu ke dalam panci yang didalamnya sudah terdapat air mendidih. Tutuplah panci dan rebus ubi hingga sekitar 10 menit. Setelah itu, buka tutup panci dan periksa tingkat kematangannya.

Biasanya tekstur ubi kini sudah cukup empuk dan kamu bisa menusuk bagian luarnya dengan mudah. Namun, jangan sampe kamu menusukkan pisau hingga menembus ubi. Jika dirasa kurang empuk, kamu bisa merebusnya kembali sedikit lebih lama.

Itulah penjelasan tentang cara merebus ubi Cilembu yang baik, semoga bermanfaat dan bisa kamu ciba di rumah.